Thursday, September 27, 2012

Senbatsu General Election

Dalam AKB48, di kenal sebuah tradisi tahunan yang disebut Senbatsu General Election yang mulai dikenalkan pada tahun 2009. Apasih Senbatsu General Election itu ??...Senbatsu General Election adalah sebuah sistem eleksi untuk menentukan kepopularitas-an para member AKB48 dan 48 Family, tidak hanya itu, member - member yang masuk dalam ranking, di berikan kesempatan untuk recording single AKB48 dan tampil di PV (Music Video) single tersebut. Eleksi ini sendiri dilakukan berdasarkan voting dari para fans mereka dengan cara membeli single AKB48 sebelum Senbatsu General Election, lalu mengirimkan vote melalui kupon yang tersedia didalamnya, temtu saja voting berlipat (ganda) oleh satu orang di sahkan dalam tradisi ini .
Member - member yang terpilih nantinya akan di bagi menjadi dua, yaitu "Senbatsu Member" dan "Undergirls", Senbatsu Member adalah member yang memiliki ranking dari 1 -22 dan Undergirls adalah member dengan ranking 22 - 44. Member yang mendapatkan ranking 1# dari Senbatsu General Election ini akan di hadiahkan posisi "Center" (Posisi terdepan dari formasi member) untuk single berikutnya.

Pada tahun 2009, dipilih sekitar 31 member dengan ranking teratas dari seluruh member AKB48 dan SKE48, alhasil member - member berikut lah yang terpilih, dan Maeda Atsuko (Acchan) terpilih menjadi member no 1#  :



Di tahun 2010, Senbatsu General Election kembali diadakan, kali ini Oshima Yuko mengambil posisi "Center" yang sebelumnya dimiliki oleh Acchan :


Persaingan kedua member ini berlanjut dengan terpilih kembalinya Acchan sebagai "Center" di tahun 2011 :


Pada Bulan Maret 2012, Maeda Atsuko mengumumkan bahwa ia akan "Graduate" (Berpisah) dari AKB48, maka dirinya tidak ikut berpartisipasi dalam Senbatsu General Election tahun 2012, dengan demikian Yuko Oshima kembali mengambil posisi "Center" dari AKB48, kali ini jumlah member juga di tambah menjadi 64 member terpilih yang di bagi menjadi 4 bagian yaitu Senbatsu Member (1 - 16) , Undergirls (17 - 32) , Next Girls (33 - 48) dan Future Girls (49 - 64) 





No comments:

Post a Comment