Monday, October 1, 2012

Istilah - Istilah Unik dalam Dunia AKB48

Didalam dunia AKB48 dan 48 Family, terdapat istilah - istilah unik yang biasa digunakan. Agar menjadi fans AKB48 dan 48 Family yang berdedikasi tinggi, sebaiknya kita mengenal istilah - istilah tersebut. Berikut adalah list istilah - istilah unik dalam dunia AKB48 & 48 Fams :

1.) Wota

Istilah yang saya gunakan sebagai judul dari blog ini sebenarnya sudah sangat familiar di telinga para fans AKB48 & 48 Family, lalu apa yang dimaksud dengan Wota ? Wota adalah penggemar berat yang sangat berdedikasi terhadap Idolnya, dalam konteks ini adalah AKB48 & 48 Fams. Wota adalah fans yang mencintai idolanya dengan segenap hati, bahkan mengikuti idola nya kemanapun dan dimanapun ia berada, wota juga merupakan fans yang tidak ragu mengorbankan uang, waktu, image demi idolanya. Puitisnya "Hidup dan Mati seorang Wota ada ditangan Idolanya"




2.) Wotagei

Gerakan khas para wota saat menonton pertunjukan idolanya (AKB48 & 48 Fams). Biasanya dapat berupa tarian khusus menggunakan light stick


3.) MIX Chant

Nah...istilah yang satu ini bisa dibilang menjadi hal yang terpenting saat menonton pertunjukan AKB48 & 48 Fams. "Chant" sendiri berari "sorakkan" dalam bahasa Inggris, Mix Chant merupakan kata - kata sorakkan yang disorakkan secara seragam, serentak dan ada standardnya oleh para fans. Jadi Mix Chant ini tidak boleh di sorakkan asal - asalan. Mix Chant dilakukan untuk memberikan semangat kepada Idola dan para fans.
Mix Chant ini sendiri di sorakkan sewaktu overture (sebelum idola memasuki panggung), sewaktu intro lagu (awal lagu), dan sewaktu lagu melambat. Mix chant berhenti ketika idol mulai bernyanyi. Mix chant ini tidak dilakukan ketika idol menyanyikan lagu pelan (mellow) atau ballad. Pada lagu yang di mulai secara tiba - tiba seperti "Heavy Rotation", Mix Chant di tunda sampai interlude (bagian instrumental).
Mix Chant  terdiri dari beberapa variasi yang dikenal di kalangan wota. Sebenarnya terdapat 3 variasi Mix Chant, yang pertama adalah MIX dalam bahasa Inggris, kedua dalam bahasa Jepang, dan ketiga dalam bahasa Ainu. Mix pertama (B.Inggris) biasanya di sorakkan di overture,intro lagu, Mix kedua (B.Jepang) disorakkan pada lagu yang memiliki intro panjang seperti lagu "Ponytail to Shushu" , saat overture dan pada interlude pertengahan lagu, sedangkan Mix ketiga (B.Ainu) disorakkan di bagian interlude akhir sebuah lagu dan overture, Mix yang ketiga ini juga sangat jarang digunakan. 

Berikut ini adalah Mix pertama (B. Inggris) yang menjadi Mix standar dikalangan wota AKB48 :

-) Aaaa.....Yossha Ikuzo !, Tiger, Fire, Cyber, Fiber, Diver, Viber, Jya Jya !
*) "Aaaa...Yossha Ikuzo !" (Ayo Mulai !) merupakan komando untuk memulai sorakkan

Mix kedua (B. Jepang)  :

-) Aaaa...Mocch Ikuzo !, Torah, Hii, Jinzou, Sen-ii, Ama, Shindou, Kasento-tobi-jokyo !

Mix ketiga (B. Ainu) :

-) Aaa...Mocch Ikuzo !, Chape, Ape, Kara, Kira, Rara, Tusuke, Myahot-tsuke !

Nah ini dia contoh Mix Chant yang dilakukan saat overture :




No comments:

Post a Comment